Tips Sukses Usaha Warung Kopi Sederhana dengan Modal Kecil

Tips Sukses Usaha Warung Kopi Sederhana dengan Modal Kecil

12edd1b7 ab4d 401f b850 94d97387ebea - Tips Sukses Usaha Warung Kopi Sederhana dengan Modal Kecil

Tips Sukses Usaha Warung Kopi Sederhana dengan Modal Kecil – Dari dulu kopi selalu menjadi minuman favorit orang Indonesia. Bahkan kalau dulu hanya bapak-bapak yang sering berkumpul sambil ngopi. Sekarang anak muda juga suka nongkrong di warung kopi. Maka dari itu, membuka usaha warung kopi rasanya menjadi sebuah bisnis yang sangat menjanjikan.

Dengan banyaknya pelaku usaha bisnis kopi yang bisa kita jumpain dimanapun, membuat pelaku usaha baru berpikir, apakah dapat bersaing dan menjalankan bisnis kopinya dengan sukses?

Ketika anda berfikir demikian, maka Anda sudah “kalah sebelum berperang“. Dalam merintis sebuah usaha apapun, tentu akan selalu ada rintangan. Anggap saja para pesaing tersebut sebagai tantangan yang perlu Anda kalahkan. Toh, pasti ada strategi agar warung kopi Anda bisa bersaing dengan mereka. Berikut rahasia sukses usaha warung kopi sederhana dengan modal kecil, yuk disimak..

1. Tentukan Target Konsumen Anda

Meskipun Anda hanya buka usaha warung kopi kecil-kecilan, bukan berarti Anda tidak memerlukan strategi untuk berjualan. langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah menentukan target konsumen Anda.

Ya perlulah. Hukumnya wajib malah. Karena akan berhubungan dengan konsep warung kopi yang akan Anda buka. Selain itu juga memudahkan Anda dalam menentukan lokasi tempat berjualan.

Contohnya saja Anda ingin konsep warung kopi modern. Berarti target Anda kebanyakan anak muda. Dan lokasi yang pas untuk berjualan ya sekitar kampus atau sekolahan.

2. Menentukan Lokasi Tempat Jualan

Ketika Anda salah memilih lokasi untuk berjualan. Maka usaha Anda akan sulit untuk berkembang. Hal ini wajar mengingat lokasi yang strategis menjadi salah satu faktor untuk meningkatkan penjualan Anda.

Disamping itu, ada hubungan erat antara target konsumen dan lokasi jualan yang Anda pilih nantinya. Sehingga Anda dapat menjual minuman kopi pada orang yang tepat.

3.Terminal

Memilih terminal sebagai tempat untuk usaha warkop memiliki potensi yang cukup besar. Hal ini mengingat target konsumen Anda adalah para sopir, kernet dan penumpang yang akan terus datang dan bergantian. Durasi istirahat mereka juga tidak terlalu lama sehingga kesempatan untuk mendapat pembeli menjadi lebih banyak.

Contohnya saja sopir dan kernet. Waktu istirahat mereka hanya sekitar 30 menit -1 jam saja karena harus kejar setoran. Setelah mereka pergi, tentu akan datang sopir atau kernet bus yang lain. Begitu juga para menumpang. Biasanya mereka memilih untuk minum kopi sembari menunggu bus yang akan mereka tumpangi.

4.Lokasi industri

Lokasi perindustrian sangat cocok untuk usaha warkop berkonsep tradisional maupun modern. Target konsumen Anda jelas, para karyawan atau buruh pabrik. Meskipun Anda mesti bersaing dengan banyak penjual kopi lainnya, jangan pernah merasa minder sedikit pun.

Pegawai pabrik sangat banyak karena bisa mencapai ribuan orang. Apalagi ada pergantian jam kerja yang tentunya akan membuka kesempatan untuk menggaet lebih banyak pengunjung.

5.Pasar

Pasar bukan hanya tempat untuk berjualan bahan-bahan pokok saja. Warung makan dan minuman juga sangat laris disana. Malah terget konsumen Anda sangat lengkap. Mulai dari pedagang pasar dan juga orang uang ingin berbelanja. Selain menjual kopi, Anda bisa menyediakan minuman lain seperti teh, minuman kemasan dan gorengan.

6.Dekat perkantoran

Para karyawan kantoran atau pun pegawai negeri sekalipun tentu butuh waktu istirahat setelah bekerja beberapa jam di kantor. Biasanya mereka menjadikan warung kopi sebagai tempat untuk bersantai dan melepas penat.

7.Daerah sekolahan atau kampus

Untuk bisa menyasar anak-anak muda, bukalah warkop di lokasi dekat sekolah atau universitas. Biasanya sepulang dari sekolah atau kuliah, mereka akan nongkrong sambil bersantai di warung kopi. Apalagi jika Anda membuka warung kopi free wifi, mereka akan betah karena bisa sekalian berinternetan.