Pedoman Buka Bisnis Sendiri Setelah Resign

Bisa Jadi Pegangan, Ini Pedoman Buka Bisnis Sendiri Setelah Resign

Pedoman Buka Bisnis Sendiri Setelah Resign – Ada kalanya kita senang dengan pekerjaan. Hingga akhirnya jenuh, ada kalanya kita nyaman dengan lingkungan kerja hingga terjadi gesekan yang sebenarnya lumrah terjadi.

Dunia bisnis mulai banyak diminati, khususnya di kalangan anak muda dalam beberapa waktu belakangan ini. Banyak sekali bermunculan ragam bisnis baik barang atau jasa yang ditawarkan. Selain itu, berbisnis atau berwirausaha kian menjadi pilihan yang akhirnya membuat orang memilih resign alias meninggalkan dunia kerja kantoran.

Nah meskipun demikian, resign dari pekerjaan dan memulai bisnis sendiri jelas bukan perkara gampang lho. Banyak hal yang harus kamu perhatikan dan pastinya dijadikan pedoman. Apa aja sih yang harus jadi pegangan kamu supaya akhirnya bisnismu gak gagal dan bikin kamu menyesal? Yuk, simak!

Tentukan ragam bisnis dan target pemasaran

Setelah mendapatkan modal, hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan dalam memulai bisnis yaitu menentukan pasar. Paling tidak kamu harus cermat memikirkan pertanyaan-pertanyaan seperti “apa yang akan kamu jual?” dan “bagaimana kamu akan menjualnya?”

Kamu juga bisa memilih Daftar S128 untuk menawarkan jasa dalam bisnis yang ingin kamu geluti, misalnya: membuka bisnis jasa pengiriman barang. Bisnis ini pun sangat meyakinkan seiring dengan banyak dibukanya toko-toko online di Indonesia. Setelah memikirkan tentang hal ini, kamu juga perlu menentukan target bisnismu: pada siapa kamu akan menawarkan ‘produk’. Hal ini diperlukan supaya kamu lebih memfokuskan pemasaran dengan lebih tepat sasaran.

Banyak Sekali Dinamika yang Terjadi Dalam Dunia Kerja

Perbanyak relasi dan kenalan

Berbisnis itu tidak selalu tentang menjual. Kamu juga memerlukan relasi bisnis, dan kenalan-kenalan yang bisa membantumu dalam mengembangkan bisnis yang sedang atau ingin kamu geluti. Jangan ragu untuk memulai obrolan dengan orang asing atau ‘menyebar’ kartu nama kepada orang lain. Bisa jadi justru orang-orang asing itulah yang nantinya bisa membuat bisnismu maju.

Siapkan modal awal yang cukup

Modal adalah poin terpenting dalam memulai usaha jenis apa saja. Semua bisnis memerlukan modal. Dari mana kamu bisa mendapatkan modal? Ada banyak cara mendapatkannya. Kamu bisa memakai uang tabungan sendiri, meminjam kepada keluarga, kredit di bank, atau mencari partner bisnis yang bisa menyediakan modal untuk membuka usahamu.

Yang paling disarankan adalah modal uang dari tabungan sendiri yang bisa kamu kumpulkan selagi kamu bekerja kantoran. Pasalnya, hal itu cukup aman dilakukan sehingga ketika bisnismu gagal sekalipun kamu gak akan punya hutang atau semacamnya.

Perkuat mentalmu dalam berbisnis

Banyak yang mengatakan bahwa memulai bisnis bukanlah hal yang cukup mudah untuk dijalani. Mengapa? Perlu tekad dan mental yang kuat untuk bisa menjadi pebisnis yang handal. Untuk apa mental dan tekad tersebut? Kamu perlu tekad karena bisnis membutuhkan waktu yang cukup untuk bisa mulai berkembang.

Dengan tekad tersebut kamu takkan mudah menyerah dalam menjalani bisnis yang ingin kamu geluti. Mentalmu juga diperlukan untuk mengembangkan bisnis.

Bersikap baik, ramah dan profesional

Bersikap baik dan ramah pada semua orang juga merupakan kunci suksesnya bisnismu. jagalah sifat sabar dan jangan mudah kesal jika ada calon customer yang banyak tanya tapi pada akhirnya tidak jadi membeli. Kamu mungkin tak menyadari, costumer kita pasti akan memuji keramahan kita dan menceritakannya pada orang lain, dan itu bisa membantu bisnismu berkembang.

Itulah beberapa tips dalam memulai bisnis atau usaha, khususnya bagi kamu yang akhirnya memilih resign sebagai karyawan. Semoga bermanfaat, ya!