Mau Buka Bisnis Bareng Teman? Cek Dulu 4 Tips Sederhana Ini

Mau Buka Bisnis Bareng Teman? Cek Dulu 4 Tips Sederhana Ini

Mau Buka Bisnis Bareng Teman? Cek Dulu 4 Tips Sederhana Ini – Sekarang banyak orang yang punya niat untuk membuka usaha bersama temannya. Alasan sederhananya karena teman adalah seseorang yang sudah kita kenal dan kita percaya.

Tapi, gak jarang juga banyak usaha bersama teman justru berhenti di tengah jalan atau gagal karena berbagai kendala dan alasan pribadi. Malah hubungan pertemanan pun menjadi rusak karenanya.

Lalu, bagaimana caranya agar usaha bersama teman bisa berjalan baik. Tanpa adanya salah paham antar teman. Yuk, simak lima tips berikut ini

1. Jangan ragu untuk berdebat dan gak baper

Permasalahan paling sering timbul dari kerja bersama teman adalah kita malas atau takut berdebat untuk kebaikan usaha bersama. Mungkin ada di antara kita yang tidak takut berdebat, tapi malah berakhir bawa perasaan alias baper, tidak menerima masukkan atau saran teman.

Contohnya, ketika kamu menemukan perbedaan saat mendiskusikan sesuatu, terima dan tampung dulu, jangan langsung gegabah menolak. Saling terima ide dan diskusikan mana yang terbaik. Jika tidak memungkinkan, kamu bisa melakukan voting atau minta pendapat orang lain.

2. Pahami kekurangan dan kekuatan masing-masing

Manusia diciptakan berbeda dan memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Jadi, kita harus memahami kekurangan dan kelebihan apa yang dimiliki kita dan teman kita. Terima kekurangan dan kelebihan tersebut dan tutupi dengan apa yang kamu punya.

Sebagai contoh, kamu tahu teman kamu malas tapi dia kreatif. Coba tegur dan semangati dia agar lebih rajin karena kamu membutuhkan kreativitas dalam usaha kamu.

#Saling terbuka dan profesional itu penting

3. Tetapkan peran atau jabatan serta pembagian kerja 

Kalau sudah tahu kekurangan dan kelebihan masing-masing, bentuk struktur kerja seperti peran dan pembagian kerja yang jelas. Apa yang kamu harus kerjakan dan apa yang teman kamu kerjakan.

Tetapkan prinsip percaya dan saling mendukung pekerjaan satu sama lain. Lakukan rapat evaluasi tiap beberapa waktu untuk melihat perkembangan pekerjaan dan usaha kamu.

4. Buat perjanjian kerja sama jika kamu masih ragu

Jangan sungkan buat perjanjian kerja sama jika kami masih tidak yakin dengan teman kamu. Dengan adanya perjanjian ini, kamu bisa meminimalisasi kerugian dari usaha kamu seandainya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Seperti ketika teman kamu atau kamu melakukan kesalahan fatal yang merugikan usaha kamu, siapa yang harus menanggung dan bertanggung jawab, bagaimana solusinya dan lain-lain.