Manisnya Bisnis Minuman Boba dan Tips Memulainya

Manisnya Bisnis Minuman Boba dan Tips Memulainya

Manisnya Bisnis Minuman Boba dan Tips Memulainya – Tren kuliner terus mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Seperti tahun ini, kuliner di Indonesia diramaikan oleh tren bisnis minuman boba. Pernah melihat minuman dengan isian atau topping berupa bola-bola kecil berwarna hitam? Itulah yang dinamakan boba. Bahan dasarnya terbuat dari tepung tapioka dan biasanya dijadikan isian untuk bubble tea. Teksturnya kenyal sangat pas dikombinasikan dengan beragam varian rasa minuman.

Bisnis Minuman Boba / Bubble Tea

Karena karakteristiknya tersebut, boba atau bubble tea pun perlahan jadi semakin populer. Brand demi brand bubble tea di Indonesia menawarkan bermacam menu ini.

Di indonesia sendiri sudah beberapa kali diadakan festival boba untuk memenuhi tingginya antusiasme para pencinta minuman kenyal dan bulat ini. Tidak hanya itu, tren bisnis minuman kekinian ini juga turut memengaruhi tren di industri online food delivery. 

#Tips Memulai Bisnis Minuman Boba 

1. Rancang dulu konsep bisnis Anda

Hal pertama yang sebaiknya Anda lakukan sebagai tips bisnis minuman boba adalah merancang konsep bisnis atau bisnis plan Anda. Anda sudah tahu produknya, tapi bagaimana dengan yang lain? Apakah bisnis minuman Anda akan berkonsep self-service, tempa nongkrong, atau khusus takeaway? Apakah Anda akan menawarkan menu yang simpel atau justru beragam? Bagaimana vibe yang akan Anda ciptakan melalui bisnis ini?

Elemen-elemen seperti ini penting untuk ditentukan karena akan sangat membantu Anda dalam mengambil keputusan ke depannya. Dengan konsep bisnis yang kuat, Anda akan lebih mudah melakukan pengembangan bisnis minuman boba.

2. Tentukan lokasi yang paling tepat

Lokasi menjadi salah satu faktor paling penting yang harus Anda perhatikan dalam tips memulai bisnis boba. Faktor ini juga masih berhubungan dengan konsep bisnis yang sudah Anda tentukan.

Misalnya, jika Anda sudah berencana membangun bisnis minuman kekinian dalam bentuk kafe, maka pilihlah lokasi dengan traffic tinggi dan area parkir luas. Namun, apabila Anda lebih memilih untuk menjalankan bisnis boba dengan konsep food truck, Anda harus mencari tahu tempat-tempat mana yang bisa didatangi dan pada pukul berapa Anda harus berjualan.

3. Kembangkan menu minuman boba

Bubble tea memang sebetulnya merupakan produk yang cukup spesifik. Namun, masih banyak varian dan rasa yang harus kamu tentukan. Jadi, sebelum membuka bisnis minuman boba, pikirkan menu apa saja yang akan Anda tawarkan. Anda bisa menyediakan minuman boba dalam beragam rasa teh buah, milk tea, atau brown sugar.

Lakukan riset terhadap menu yang ditawarkan kompetitor, tapi jangan mencontohnya begitu saja. Anda bisa mengembangkan menu-menu tersebut untuk membuat bisnis Anda berbeda dan lebih unggul dari kompetitor. Lalu, saat mendesain buku menu, pastikan Anda menerapkan desain yang memudahkan pengunjung untuk membaca tulisan menunya.

4. Cari sumber bahan-bahan

Setelah menentukan menu yang akan dijual, tips memulai bisnis minuman boba selanjutnya adalah dengan mencari bahan-bahan. Mengingat bahwa minuman ini berasal dari Taiwan, mungkin Anda bisa menyuplai bahan-bahan dari sana, Namun, apabila dirasa terlalu jauh, lakukan riset untuk mencari supplier yang menawarkan bahan-bahan berkualitas tinggi, tapi tetap dengan harga terjangkau.

5. Pertimbangkan kompetitor yang sudah ada

Mengingat popularitas minuman kekinian ini yang begitu tinggi, bukan hanya konsumennya saja yang banyak, tapi juga pemilik bisnisnya. Artinya, ada banyak kompetitor yang harus Anda “lawan” agar Anda sendiri juga bisa sukses berbisnis minuman boba. Itulah kenapa Anda perlu memperhatikan kompetitor yang sudah ada.

Cari tahu apa saja menunya, konsep seperti apa yang ditawarkan, hingga harga jualnya di pasaran. Dari sini, Anda bisa tahu hal-hal apa yang sekiranya belum atau kurang maksimal dilakukan oleh kompetitor. Di situlah Anda bisa mengisi kekosongan tersebut dan mencuri hati para konsumen.