Laba Pakuwon Naik Sebesar 13,3%, Jadi Rp 3,23Triliun

Laba Naik 13,3 Persen, Pakuwon Kantongi Rp 3,23 Triliun

Laba Pakuwon Naik – PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) meraup peningkatan laba komprehensif sepanjang 2019. Sebesar 13,3 persen menjadi Rp 3,23 triliun dari Tahun sebelumnya Rp 2,8 triliun.

Kenaikan laba komprehensif ini berasal dari pendapatan bersih yang tercatat senilai Rp 7,2 triliun atau naik tipis dari Tahun 2018 senilai Rp 7,08 triliun.

Menurut Direktur Keuangan dan Sekretaris Perusahaan Pakuwon Jati Minarto Basuki. Komposisi pendapatan daftar poker deposit 10000 tahun 2019 terdiri dari 51 persen recurring revenue dan 49 persen development revenue.

“Pencapaian ini konsisten dengan strategi Perseroan untuk tumbuh dengan komposisi pendapatan yang berimbang antara recurring dan development revenue,” ujar Minarto dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Minggu (10/5/2020).

Pendapatan berulang Perseroan Tahun 2019 tercatat mencapai Rp 3,693 triliun atau tumbuh 6,5 persen dibandingkan Tahun 2018 yang sebesar Rp 3,468 miliar.

Kenaikan pendapatan organik dari pusat- pusat perbelanjaan ritel dan hotel-hotel eksisting menjadi kontributor utama.

Sementara development revenue Perseroan Tahun 2019, Pakuwon meraup Rp 3,509 triliun.

Baca juga : Nilai Investasi Properti Meningkat di Tengah Pandemi Covid-19, Ini Kata Pengamat

Pendapatan ini beradal dari apartemen Benson dan La Viz yang berada di kawasan Pakuwon Mall dan apartemen Amor di East Coast Mansion.

“Tahun 2018, development revenue sebesar Rp 3,613 triliun,” imbuh MInarto.

Laba Pakuwon Naik Sebesar 13,3%, Jadi Rp 3,23Triliun

Berdasarkan revenue per segment, kontribusi terbesar didapatkan dari penjualan kondominium dan sewa ritel masing-masing 40 persen dan 39 persen.

Kemudian hotel dan apartemen servis 8 persen, rumah tapak 7 persen. Perkantoran sewa 4 persen, dan penjualan ruang kantor 2 persen.

Adapun pengeluaran belanja Tahun 2019 yang telah dikucurkan oleh Perseroan mencapai Rp 1,822 triliun yang digunakan untuk membiayai proyek-proyek konstruksi Kota Kasablanka Phase 2, Tunjungan Plaza 6, Pakuwon Mall phase 3,4 dan 5, East Coast Mansion serta pembelian tanah.

Berikut portofolio properti yang dimiliki Perseroan :

Superblok Gandaria City, Jakarta (pusat perbelanjaan ritel, apartemen, perkantoran dan hotel), Superblok Kota Kasablanka, Jakarta (pusat perbelanjaan ritel, apartemen dan perkantoran), dan Somerset Berlian, Jakarta (apartemen servis).

Selanjutnya Blok M Plaza, Jakarta (pusat perbelanjaan ritel), Superblok Tunjungan City, Surabaya (pusat perbelanjaan ritel, apartemen, perkantoran dan hotel). Dan Superblok Pakuwon Mall, Surabaya (pusat perbelanjaan ritel, apartemen, apartemen servis, dan hotel).

Berikutnya, Royal Plaza, Surabaya (pusat perbelanjaan ritel), Pakuwon City Township (perumahan), Pakuwon City (pusat perbelanjaan ritel). Dan East Coast Mansion (apartemen yang sedang dalam konstruksi), serta apartemen Educity, di Surabaya Timur.

Berturut-turut Grand Pakuwon Township (perumahan) dan Food Junction (hipermarket, kuliner dan destiansi wisata) di Surabaya Barat. Dan Superblok Pakuwon Mall, Bekasi (pusat perbelanjaan ritel, apartemen, dan hotel yang akan mulai dibangun).

Sumber : Kompas.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *