Dana Nasabah Dijamin LPS

Dana Nasabah Dijamin LPS

Dana Nasabah Dijamin LPS – PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk (Bank Banten) menjamin simpanan nasabah aman di tengah aksi korporasi perusahaan untuk merger dengan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJB).

Direktur Utama Bank Banten Fahmi Bagus Mahesa mengungkapkan dana nasabah juga dijamin dalam program penjaminan Download APK IDNPlay Lembaga Penjamin Simpanan (LPS),” ujarnya dikutip Antara, Jumat.

Kemarin, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut Bank Banten akan dimerger dengan BJB. Rencana itu tertuang dalam Letter of Intent (LoI) yang diteken pada Kamis. Rencana merger juga telah disetujui Gubernur Banten Waihdin Halim dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil selaku pemegang saham pengendali.

“Kerja sama tersebut mencakup penempatan dana line money market dan/atau pembelian aset yang memenuhi persyaratan tertentu secara bertahap,” tulis OJK. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk memangkas jam layanan operasional bank dari sebelumnya pukul 09.00-15.00 waktu setempat jadi 09.00 hingga pukul 14.00 waktu setempat.

Perubahan jam operasional berlaku efektif mulai 23 April-22 Mei 2020. “Berlaku di seluruh kantor cabang di Indonesia,” ujar Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rully Setiawan, Kamis.

“Per 22 April, lebih dari 50 persen kantor cabang Bank Mandiri akan dialihkan operasionalnya untuk sementara waktu,” tegas Rully. PT BRI (Persero) Tbk juga menerapkan jam operasional khusus ramadan di seluruh kantor cabangnya di Indoneia.

Ketentuan berlaku mulai 24 April 2020

Sekretaris Perusahaan BRI Amam Sukriyanto menuturkan jam operasional kas dipangkas menjadi pukul 09.00-14.00 waktu setempat, dan jam pelayanan nasabah dipersingkat menjadi 09.00-14.30 waktu setempat.

“Ketentuan berlaku mulai 24 April 2020 dan berlaku selama bulan ramadan,” jelasnya.

Kebijakan ini sekaligus sebagai bentuk komitmen perseroan dalam memberi kesempatan kepada karyawan, nasabah, dan mitra kerja meningkatkan ibadah ramadan, termasuk dalam upaya mendukung program penanganan penyebaran virus corona.

Mengutip laporan keuangan Bank Banten, perusahaan mencatat rugi dua tahun berturut-turut. Yakni, Rp180,7 miliar pada 2019 dan Rp131,0 miliar pada 2018 lalu. Rasio kecukupan modal (CAR) perusahaan pun tersisa 9,01 persen.

Dalam kerangka LoI, telah disepakati kerja sama bisnis antara Bank Banten dan Bank BJB. Ini termasuk dukungan Bank BJB terkait kebutuhan likuiditas Bank Banten.

BUMN lainnya, PT BNI (Persero) Tbk juga memperpendek jam operasional layanan kepada nasabah menjadi mulai pukul 09.00 hingga pukul 14.00 waktu setempat.

Direktur Layanan dan Jaringan BNI Adi Sulistyowati mengatakan transaksi perdagangan akan dilayani dari pukul 09.00 hingga pukul 12.00 waktu setempat, sementara transaksi valuta asing buka dari pukul 09.00 hingga pukul 13.00 waktu setempat.

“Untuk transaksi tunai, kliring, Real Time Gross Settlement (RTGS), remitansi, dan garansi bank dapat dilayani pada pukul 09.00 sampai pukul 14.00 waktu setempat,” pungkasnya.

Ia juga mengingatkan nasabah untuk tidak panik dan menarik dana, termasuk datang berbondong-bondong di tengah penyebaran penyakit covid-19. Ia pun mengakui dalam proses merger, nasabah sempat mengalami hambatan dalam menarik dana, termasuk transfer antar bank lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *