Cara Jitu Untuk Memulai Usaha Ternak Ayam Kampung

Cara Jitu Untuk Memulai Usaha Ternak Ayam Kampung

Cara Jitu Untuk Memulai Usaha Ternak Ayam Kampung – Semua orang pasti pernah mengkonsumsi yang namanya daging ayam kampung. Sudah jelas dikarenakan daging ayam sendiri merupakan salah satu sumber bahan makanan favorit.

kali ini kita akan mengajak anda mengulas tentang peluang usaha berternak ayam kampung, serta prospek usaha ini jika dikerjakan, bagaimana gambaran peluang usahanya dan hal lain yang mungkin perlu diketahui.

Berikut beberapa sarana yang harus anda siapkan untuk proses ternak ayam kampung diantaranya adalah :

1. Kandang

Tidak harus berbentuk kandang berpagar, cukup buatkan tempat tinggal ayam seperti rumah kandang kecil yang sederhana yang nantinya berfungsi sebagai tempat ayam bermalam. serta berlindung dari hujan,  jangan lupa untuk membuatkan pintu yang bisa ditutup untuk melindungi ayam peliharaan anda dari hewan liar seperti anjing dan predator lainnya.

2. Tempat Pengeraman Telur 

Memasuki masa bertelur biasanya ayam akan mencari tempat untuk bertelur dan mengerami maka Buatkanlah sebuah Tempat Pengeraman telur atau biasa di sebut jerami.

Tempat Pengeraman Telur Ini bisa anda letakkan didalam kandang dan usahakan paku pada dinding yang tidak terlalu tinggi tapi sanggup dijangkau ayam untuk menghidari semut dan pemangsa telur lainnya.

3. Buatlah kurungan ayam

Kurungan ayam dapat dimanfaatkan untuk memudahkan proses pengawinan, yang dilakukan dengan cara memasukan calon indukan betina dan jago didalam kurungan.
Kurungan juga bisa dimanfaatkan untuk membantu ayam baru beradaptasi dengan kandang, caranya yaitu dengan mengurung ayam baru didalam kandang selama beberapa hari sampai dia terbiasa dengan lingkungan barunya dan bisa kembali pulang setelah sore dan setelah mencari makan.

4. Pemberian pakan tambahan

Hal ini dilakukan untuk membantu mencukupi kebutuhan makan ayam.
Pakan tambahan ini bisa berupa :

  1. Nasi sisa
  2. Dedak
  3. Jagung
  4. Fitamin
  5. Pelet dan lain lain

Pakan sangat baik dilakukan pada pagi dan sore hari sekaligus mengundang ayam untuk kembali kekandang.

5. Faksin

Faksinasi dilakukan untuk mencegah dan mengurangi dampak penyakit yang mungkin dialami oleh ayam, faksin yang paling penting diantaranya adalah faksin flu burung,yang bisa anda dapatkan dari toko obat hewan peliharaan atau datang ke tempat pusat pelayanan kesehatan hewan.