Bisnis Ikan Cupang (Betta) Modal Minim, Laba Tiga Kali Lipat

Bisnis Ikan Cupang (Betta) Modal Minim, Laba Tiga Kali Lipat

 

Bisnis Ikan Cupang (Betta) Modal Minim, Laba Tiga Kali Lipat – Peluang bisnis berjualan ikan cupang sangat menjajikan dan mendapat untung banyak karena banyak penggemar ikan cupang untuk hiasan di akuarium.

Seperti yang dijalani Nurkholis. Dia menyampaikan, bisnis budi daya ikan cupang atau ikan betta ini cukup banyak di Tulungagung.

Mengingat jenis ikan ini adalah jenis ikan yang paling banyak penggemarnya. Dari kalangan anak-anak hingga orang tua, banyak yang tertarik dengan penampilan dari ikan cupang karena cantik warnanya.

Bisnis Ikan Cupang (Betta) Modal Minim, Laba Tiga Kali Lipat Tingginya pencinta ikan cupang membuat peluang bisnis menjanjikan.

“Ya, lumayan hasil. Tak butuh waktu lama dan ruang yang luas,” kata warga Desa Gendingan, Kecamatan Kedungwaru ini.

Seperti dia, cukup bermodalkan Rp 1 juta, bisa membudidayakan ikan cupang hingga 4.000 ekor.

Itu pun kata Nurkholis, bisa mengasilkan laba tiga kali lipat. Harga pasaran cukup stabil, yaitu Rp 1.400–1.500 per ekor usia dewasa, sekitar 1,5-2 bulan.

“Rp 1 juta itu sudah termasuk biaya pakannya. Kalau bibitnya sih lumayan murah. Yakni sekitar Rp 80-130 ribu per ekor. Kalau pakan bisa mencapai kurang lebih Rp 600 ribu untuk 4.000 ekor itu,” terangnya.

Cara Budidaya Ikan Cupang

Selain itu, lanjut Nurkholis, budi daya ikan yang termasuk keluarga Osphronemidae disetujui sebab tidak perlu tempat yang luas.

Biasanya, pembudi daya akan membudidayakan bibit selama 20 hari ke kolam.

Kemudian akan dilanjor atau dihapus satu per satu ke dalam botol bekas berdiameter 8,5 sentimeter atau diselesaikan botol 1,5 liter kompilasi mulai 40 hari.

Hal senada disampaikan M. Fatkur Rohman. Dia menyampaikan, budi daya ikan cupang sering kali jadi bisnis sampingan.

Apalagi ditambah memiliki pasar sendiri. Seperti dia, biasanya ikan cupang hasil budi dayanya dibeli pengepul, lalu dipasarkan ke luar Jawa.

Contohnya Kalimantan, Sumatera, dan Sulawesi. Meski dibeli pengepul dengan sistem borongan, harga ikan tetap per ekor.

Ikan cupang berjenis kelamin jantan Biasanya dibebaskan Rp 1.400. dan betina harga lebih rendah, yaitu sekitar Rp 300.

“Usia 1,5 hingga 2 bulan, cupang hias sudah mulai terlihat keindahannya dan dapat dipasarkan. Kalau satu bulan bisa dijual, tapi harganya lebih murah sekitar Rp750 per ekor,” pungkas pria berusia 21 tahun ini.