Mahasiswa Polbangtan Gowa Tekuni Peluang Bisnis Budidaya Ayam Joper

Mahasiswa Polbangtan Gowa Tekuni Peluang Bisnis Budidaya Ayam Joper

Mahasiswa Polbangtan Gowa Tekuni Peluang Bisnis Budidaya Ayam Joper – Ayam Joper  merupakan kepanjangan dari kata Jowo dan Super (sudah persilangan). Ayam ini merupakan keturunan dari hasil persilangan antara jantan ayam kampung dengan betina petelur coklat dengan tujuan untuk produksi daging.

Kementerian Pertanian (Kementan) ingin menarik generasi muda di sektor pertanian. Salah satu caranya ialah dengan melalui program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS). Yang fokus pada peningkatan kapasitas pemuda pedesaan di bidang pertanian melalui pengembangan wirausahawan muda pertanian.

Fasilitas akses permodalan dan pembangunan lingkungan usaha yang kondusif. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan Kementan akan terus memfasilitasi generasi muda agar bisa deposit sbobet terjun menjadi petani. Dan serta berwirausaha pertanian.

1. Dua kunci utama program YESS

img 20201230 wa0025 f3d91ae1c5d8d703bbc6d2ba0a62d63a - Mahasiswa Polbangtan Gowa Tekuni Peluang Bisnis Budidaya Ayam Joper

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) menambahkan dua kunci utama dalam pelaksanaan program YESS. Pertama program YESS hadir untuk meningkatkan kapasitas pemuda di pedesaan melalui pendidikan dan pelatihan untuk menjadi agen pembangunan pertanian. Kedua, sasaran dari program YESS yakni pemuda dan pemudi harus memiliki jiwa kewirausahaan dari hulu sampai hilir.

Salah satu penerima manfaat program YESS adalah Muhammad Fauzan Afdhal, Ainun Nisa Putri Amna, Khaerunisa, dan Bita Novita. Tergabung dalam Kelompok Generation of Preneur Savior (GPS) 4 generasi milenial ini memilih untuk mengembangkan budidaya peternakan ayam Joper.

2. Potensi bisnis ayam Joper sedang meningkat pesat

antarafoto usaha budidaya ayam bangkok 190919 asw 4 f21ac3d9096a41dbfbda8ae2deccc6ba - Mahasiswa Polbangtan Gowa Tekuni Peluang Bisnis Budidaya Ayam Joper

Ketika di tanyakan alasan mengapa memilih budidaya ayam Joper, Fauzan dan ketiga rekannya menceritakan bahwa potensi bisnis ayam kampung super atau Joper saat ini sedang mengalami kenaikan. Banyak dari kalangan peternak yang memilih untuk ternak Joper dari pada ayam kampung biasa di karenakan masa panennya yang cepat dan cita rasa dagingnya tidak kalah dengan ayam kampung biasa.

“Bantuan modal dari dana Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP) yang di berikan oleh program YESS kami manfaatkan untuk membeli  800 DOC, pakan dan  perlengkapan kandang. Untuk pemasaran ayam Joper  yang di produksi, kami telah menjajaki beberapa pasar dan beberapa makan yang menyajikan menu ayam goreng,” tegas Fauzan.

Fauzan dan ketiga rekannya pun menyadari sukses tidak usahanya ada di kontinuitas produk dalam  memenuhi kebutuhan pasar. Untuk kami berupaya untuk meningkatkan produksi dan terus mengembangan jejaring pemasaran.

3. Program YESS dirancang untuk menghasilkan pengusaha muda di bidang pertanian

whatsapp image 2020 08 04 at 140230 9bce0c5d42def16dd2881fc504099d94 - Mahasiswa Polbangtan Gowa Tekuni Peluang Bisnis Budidaya Ayam Joper

“Di lahan peternakan yang berlokasi Bilacaddi Kel. Maradekaya Kec. Pattallassang kabupaten Takalar, kami ingin menambah luas kandang lagi dan membeli DOC secara rutin setiap bulannya 200 ekor agar bisa memenuhi kebutuhan pasar setiap saat,” harap Fauzan optimis.

Pada kesempatan yang sama project manager Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS), Inneke Kusumawati mengungkapkan program YESS di rancang untuk menghasilkan wirausahawan muda pedesaan di bidang pertanian. Keberhasilan program Yess akan menjadi percontohan dan tolok ukur untuk kegiatan program pengembangan pemuda tani dan kewirausahaan muda di tingkat nasional maupun internasional.

Ia pun menambahkan pembentukan karakter wirausaha pada generasi muda tak akan berhasil tanpa ada dukungan berbagai pihak seperti dukungan keluarga, dukungan pemerintah daerah dan serta dukungan pihak kampus dalam hal ini Polbangtan Gowa dalam membangun ekosistem bisnis di kampus.