Ini Tips Memilih Rekan Bisnis yang Tepat Agar Jangan Sampai Menyesal

Ini Tips Memilih Rekan Bisnis yang Tepat Agar Jangan Sampai Menyesal

Ini Tips Memilih Rekan Bisnis yang Tepat Agar Jangan Sampai Menyesal – Rekan bisnis (co-founder) adalah peran yang sangat penting bagi seorang entrepreneur. Kesalahan dalam memilih rekan bisnis (co-founder) akan menjadi penghambat dalam bisnis. Kali ini Finansialku.com akan berbagi 5 cara memilih rekan bisnis.

Rekan dalam berbisnis kerap memegang peranan penting dalam usaha kita merilis sebuah bisnis atau usaha baru. Kehadiran rekan bisnis biasanya mampu memicu kita untuk berjuang lebih kuat agar sukses menjalankan sebuah bisnis.

Oleh sebab itu, diperlukan rekan bisnis yang memang bisa bekerja sama dengan kita agar bisnis yang hendak dimulai bisa berjalan dengan baik. Berikut adalah tips mencari aplikasi sbobet rekan bisnis yang tepat dari Dibyanta Satari, CEO muda dari startup bernama gelora.id melalui bincang-bincang.

1. Cari yang Bisa Melengkapi

73ba9f7edcbb42389d2990d28ea6fb2b - Ini Tips Memilih Rekan Bisnis yang Tepat Agar Jangan Sampai Menyesal

Menurut Diby, kriteria pertama dalam mencari rekan bisnis adalah yang bisa melengkapi. Hal itu menurutnya penting karena rekan bisnis akan menjadi seseorang yang paling sering di temui sehingga jika tidak bisa melengkapi maka akan sia-sia.

“Jadi yang paling coba di cari adalah yang bisa melengkapi karena kan bikin bisnis yang jadi partner kita adalah orang yang sering kita temui setiap hari dan mungkin pada satu momen akan jadi orang yang paling sering ketemu di bandingkan pasangan atau istri kita,” ungkap Diby.

2. Memiliki Kemampuan Spesifik

3dabaf37e17251a3e75d3f13cab35fb9 - Ini Tips Memilih Rekan Bisnis yang Tepat Agar Jangan Sampai Menyesal

Kriteria kedua dalam mencari rekan bisnis adalah memiliki kemampuan yang spesifik. Menurut Diby, hal ini berkaitan dengan kriteria pertama yang bisa melengkapi.

Seorang business partner atau rekan bisnis yang baik harus memiliki kemampuan untuk melengkapi ketidakmampuan rekan lainnya.

“Misalnya skill yang kita punya apa nih, manajemen nah co-founder misalnya punya skill di IT atau marketing atau business development. Sebisa mungkin sih rekan ini punya skill yang berbeda sama kita,” tutur Diby.

3. Mempunyai Visi yang Sama

john schnobrich flpc9 vocj4 unsplash 577f3152d0919d7bfad3d2a1a6885aeb - Ini Tips Memilih Rekan Bisnis yang Tepat Agar Jangan Sampai Menyesal

Kriteria ketiga dan menurut Diby paling penting dalam mencari rekan bisnis adalah memiliki visi yang sama.

“Sebelum mulai mengajak orang untuk berbisnis harus pahami dulu visinya, bisa nggak bertahan dalam waktu lama,” ujar dia.

Berkaitan dengan visi tersebut, Diby pun menyarankan agar bisa memiliki rekan bisnis yang mampu membedakan mana hubungan pekerjaan dan hubungan pertamanan.

Hal ini di dasari dari banyaknya hubungan pertemanan yang ikut hancur ketika bisnis tidak berjalan dengan baik.