Deutsche Bank Ogah Berbisnis dengan Trump di Masa Depan

Deutsche Bank Ogah Berbisnis dengan Trump di Masa Depan

Deutsche Bank Ogah Berbisnis dengan Trump di Masa Depan – Deutsche Bank AG adalah sebuah perusahaan perbankan dan jasa keuangan global asal Jerman yang berkantor pusat di Deutsche Bank Twin Towers di Frankfurt, Hesse, Jerman. Bank ini mempekerjakan lebih dari 100.000 orang di lebih dari 70 negara, dan memiliki banyak cabang di Eropa, Amerika, Asia-Pasifik, dan pasar-pasar berkembang.

Pada tahun 2009, Deutsche Bank merupakan pedagang valuta asing terbesar di dunia dengan pangsa pasar 21 persen. Deutsche Bank tidak akan berbisnis dengan Presiden Amerika serikat (AS) Donald Trump atau perusahaannya di masa depan. Keputusan itu di ambil bank setelah para pendukung Trump melakukan serangan mematikan pada 6 Januari di Gedung Capitol.

The New York Times melaporkan, mengutip sumber yang mengetahui hal tersebut. Deutsche Bank adalah lembaga pemberi pinjaman Jerman yang penting bagi bisnis Trump. Menurut Channel News Asia, organisasi milik Trump yaitu Trump Organization, telah menerima pinjaman sekitar 340 juta dolar atau sekitar Rp4,7 triliun, dari idn poker asia bank tersebut.

1. The Trump Organization

antarafoto us election congresscertification 06012021 b4a63d7d86398f6d26b936417f1b9bea - Deutsche Bank Ogah Berbisnis dengan Trump di Masa Depan

The Trump Organization merupakan kumpulan bisnis yang di miliki presiden ke-45 AS itu. Saat ini, organisasi itu di jalankan oleh kedua putranya.

Sebelum terjun ke dunia politik dan menjadi orang nomor satu di AS, Trump memang di kenal sebagai taipan real-estate dan pebisnis. Jaringan bisnisnya termasuk hotel, kasino, lapangan golf, resor, dan properti hunian di wilayah New York City dan beberapa negara di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

2. Deutsche Bank bukan satu-satunya yang tinggalkan Trump

db 01 5042fce91c1e7811a6bfcd66087d1f2c - Deutsche Bank Ogah Berbisnis dengan Trump di Masa Depan

Deutsche Bank bukan satu-satunya bank yang memutuskan bisnisnya dengan Trump pasca kejadian mencekam di Capitol. Lembaga pemberi pinjaman yang lebih kecil, Signature Bank yang berbasis di New York, juga mengatakan akan memutuskan hubungan dan juga mendorong pengunduran diri Trump. Signature mengatakan akan menutup dua akun pribadi di mana Trump menyimpan dana sekitar 5,3 juta dolar, menurut Daily Mail.

Sebelumnya, Shopify Inc. juga telah mengatakan menutup toko e-commerce yang berafiliasi dengan Trump sebagai tanggapan atas penyerbuan US Capitol oleh pendukung Trump.

“Kami telah menghentikan toko yang berafiliasi dengan Presiden Trump,” kata juru bicara perusahaan melalui email. “Shopify tidak mentolerir tindakan yang memicu kekerasan.”

Penutupan tersebut memengaruhi toko resmi Trump Organization, TrumpStore.com, dan toko kampanye, shop.donaldjtrump.com, kata juru bicara tersebut, menurut Bloomberg, Kamis.

3. Aksi pendukung Trump di kecam

antarafoto usa election uscapitol trump teargas 07012021 c6abbd10fee8129836c172384dc9d51a - Deutsche Bank Ogah Berbisnis dengan Trump di Masa Depan

Christiana Riley, kepala operasi Deutsche Bank di AS, pekan lalu menyampaikan kecaman atas kekerasan yang terjadi di Capitol. Dalam sebuah posting di LinkedIn ia mengatakan akan menegakkan kebenaran dan membela rakyat.

“Kami bangga dengan Konstitusi kami dan mendukung mereka yang berusaha menegakkannya. Untuk memastikan bahwa keinginan rakyat di tegakkan dan transisi kekuasaan secara damai terjadi,” tulisnya.

Sebelumnya pada November, Reuters telah melaporkan bahwa Deutsche sedang mencari cara untuk mengakhiri hubungannya dengan Trump setelah pemilihan AS. Alasannya adalah karena bosan dengan publisitas negatif yang berasal dari hubungan tersebut