Berikut Alasan Bisnis Onlinemu Masih Sulit Untuk Berkembang

Berikut Alasan Bisnis Onlinemu Masih Sulit Untuk Berkembang

Berikut Alasan Bisnis Onlinemu Masih Sulit Untuk Berkembang – Perdagangan elektronik (e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet, televisi, dan jaringan komputer lainnya.

E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. Menjalankan bisnis online adalah usaha sampingan bahkan menjadi usaha prioritas yang lagi tren saat ini.

Sangat banyak dan mudah kita temui orang-orang yang memiliki bisnis olshop atau online shop pribadi. Namun sayangnya, masih banyak dilema yang membuat trauma untuk tetap melanjutkan bisnis online ini. Untuk memahami poker deposit pulsa 10rb lebih baik dan mengidentifikasi kenapa bisnismu tetap krik-krik.

1. Tidak memahami funnel

pexels photo 3760137 ad062a3045383d1a2360ff94d33f0a7b - Berikut Alasan Bisnis Onlinemu Masih Sulit Untuk Berkembang

Funnel adalah perjalanan proses para konsumenmu. Mulai dari yang tidak kenal, menjadi kenal, kemudian suka, hingga memutuskan membeli produkmu.  Bukan hanya itu, pembeli juga merasa suka, terus loyal dengan produk hingga terus konsisten membelinya. Paling baik saat produkmu direkomendasikan oleh konsumenmu ke calon pembeli lain.

Untuk membuat funnel butuh pengalaman yang besar dan mental tahan banting. Karena dia harus menentukan mana funnel yang bekerja dengan baik, dan mana yang tidak. Funnel harus dibuat dan selalu diotak-atik. Karena satu campaign dengan campaign yang lain bisa jadi hasilnya beda. Tugasmu sebagai pedagang adalah mencari yang winning yang pas.

2. Lack of trust

pexels photo 3779423 908a19f0b64da44a8feb8924545b84c4 - Berikut Alasan Bisnis Onlinemu Masih Sulit Untuk Berkembang

Lack of trust atau tidak bisa untuk berkembang merupakan tahapan yang sangat berbahaya. Apalagi dalam bisnis online. Bagaimanapun dan apa pun usahamu, kalau tidak terbangun trust, 89.3% akan tidak berhasil alias gagal.

Bagaimana cara membangun trust? Kamu bisa memulai dengan testimoni produkmu, public speaking, presentasi webinar, janji beserta bukti nyata, story telling dan banyak lainnya. Kalau hal ini tidak ada, jangan berharap banyak bisa sukses bisnis online.

3. Lead magnet yang buruk

pexels cottonbro 4778622 2fe160ddb1d12b9418efdd1ad71e05c7 - Berikut Alasan Bisnis Onlinemu Masih Sulit Untuk Berkembang

Yang paling buruk adalah tidak bisa dan tidak menguasai. Perlu diketahui, tanpa lead magnet, maka funnel yang kamu bangun tidak akan berjalan mulus. Walaupun lead magnet itu gratis, namun jika kamu tidak mengemasnya dengan manis, maka kemungkinan besar bisnis online-mu bisa gagal.

Itulah mengapa penting belajar dan terus belajar. Sering-seringlah membaca e-book yang bertebaran di dunia internet sekarang ini.

4. Alasan klasik, gaptek

photo of a woman thinking 941555 adc404042d5243b534763d2d6b3dd454 - Berikut Alasan Bisnis Onlinemu Masih Sulit Untuk Berkembang

Gaptek alias gagap teknologi menjadi tameng yang kuat bagi mereka yang gagal bisnis online. Anehnya, banyak dari pemilik olshop bahkan belum mulai tapi sudah mengonfirmasi dirinya positif gaptek.

Bagaimana solusinya? Misalnya, kamu gaptek aplikasi email marketing atau copywriting. Obatnya adalah, silakan ambil kursus gratisannya, terus kepoin selama berhari-hari sembari melihat tutorialnya di aplikasi Youtube. Pasti bisa.

5. Tidak kenal produk jualannya

pexels photo 3727468 0480970898ff29723625c394abe9889e - Berikut Alasan Bisnis Onlinemu Masih Sulit Untuk Berkembang

Ini yang terakhir dan ini yang paling sepele namun krusial yang membuat bisnis onlinemu tetap gagal. Punya kebiasaan berucap seperti, “Pengen olshop, tapi mau jual produk apa ya?”. Setelah beberapa lama punya produk, mereka akhirnya mengatakan, “Jualanku sudah ku upload di medsos dan e-commerce,tapi masih gak laku-laku ya?”.

Kamu harus tahu bahwa tahap atau step krusial dalam selling adalah mencari tahu terlebih dahulu target marketmu itu siapa? Mereka punya masalah apa? Mereka suka apa? Kalo tidak tahu, kamu survei kalau perlu. Jadi solusinya, riset market. Itu pertama dan utama.

Bisnis online memang menjanjikan jika kamu terus berinovasi. Jangan hanya melihat buah dari kesuksesan bisnis online orang lain, namun kamu perlu mengetahui bagaimana cara dan proses untuk mencapainya